Peristiwa kerusuhan PT GNI di Morowali, PUSKAPU: Pemerintah Segera Perbaiki Regulasi Investasi

- Senin, 23 Januari 2023 | 18:52 WIB
 (Ardhi)
(Ardhi)

 

DETIK60.COM-Investasi di Indonesia terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir, kiranya patut kita apresiasi kinerja Menteri Investasi Bahlil Lahadalia.

Dalam hal ini namun ada beberapa catatan penting yang harus menjadi perhatian khusus pemerintah agar iklim investasi bisa kondusif dan bisa memberikan manfaat sebesarnya utk masyarakat, bangsa dan negara.

Masalah tenaga kerja asing dan lokal seyogyanya menjadi fokus hanya pada level tenaga ahli. Peristiwa kerusuhan di PT GNI Morowali Utara, Sulawesi Tengah menjadi preseden buruk bagi bangsa ini.

Baca Juga: Harga Emas Antam Naik, Yang Investasi Emas Ayo Merapat

Saling menyalahkan sesama anak negeri menjadi polemik akhir - akhir ini,Pusat Kajian Advokasi dan Persaingan Usaha (PUSKAPU) juga ikut memberikan saran jalan tengah, sehingga rakyat, pemerintah dan pihak Investor tidak saling menyalahkan.

Menurut Sabaruddin, Selaku Direktur Eksekutif PUSKAPU bahwa Peristiwa kerusuhan di PT GNI akumulasi masalah kebijakan ketenagakerjaan di Indonesia dalam ranah Investasi Asing di Indonesia.

"Perlu di evaluasi masalah regulasinya, bukan saling menyalahkan sesama anak negeri, terutama rakyat dan pemerintah. Tentu Investasi dalam bidang pertambangan khususnya nikel yang sedang berkembang hendaknya bisa berdampak positif bukan hanya untuk perekonomian negara secara umum tetapi secara khusus layaknya bisa berdampak kepada masyarakat sekitar.

Baca Juga: Tabel Angsuran KUR BRI 2023! Yuk Simak Syarat Pengajuan, Cara Pinjam Uang Rp50 Juta Cicilan Berapa Per Bulan?

Hal ini misalnya bisa dengan pelibatan tenaga kerja lokal dan asing secara proporsional. Kemudian juga akomodasi dalam hal pelibatan pengusaha lokal, Bumdes dan UMKM harus juga menjadi perhatian sehingga efek domino akan berdampak semakin luas dalam peningkatan ekonomi Real di daerah."Ujar Kolumnus BPN HIPMI ini.

Halaman:

Editor: Meika Ardhianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X